Berusaha Menjadi Blogger Serius

1445502605542

Kenapa Musti Nge-Blog?

Walaupun punya hobi membaca sejak kecil, namun  saya sama sekali tidak punya ide, pemikiran dan kesenangan untuk menulis. Dulu sekali, dunia tulis menulis yang saya kenal hanya melalui pelajaran Mengarang di kala SD. Praktis setelah tamat SD, dunia menulis hilang dari memori saya.

Kemudian dunia menulis muncul kembali dalam suatu benda yang dinamakan diary. Sebuah catatan harian mulai saya tulis ketika umur saya genap 17 tahun. Saya ingin mendokumentasikan hari-hari saya yang tengah beranjak dewasa melalui rangkaian cerita. Saat itu saya berpikiran bahwa sesungguhnya Diary adalah media yang tepat untuk merekam perjalanan kehidupan saya, mendokumentasikan pemikiran-pemikiran saya dan menangkap perbedaan karakter dan pola pikir saya waktu ke waktu. Hingga tepat di saat saya menikah pada umur 28 tahun, kemudian kebiasaan ini berhenti.

Perkenalan saya dengan Blog dimulai saat saya mulai aktif di media sosial Facebook. Beberapa teman FB yang juga seorang blogger acapkali melakukan sosial media sharing terhadap blogpost baru mereka. Lama-kelamaan akhirnya saya tertarik juga untuk membuat blog apalagi di universitas tempat saya bertugas juga menfasilitasi dosen yang ingin nge-blog. “Enak juga ya punya blog pribadi, pemikiran dan pengejawantahan dari perasaan kita bisa dinikmati orang banyak,” pikir saya kala itu. Akhirnya medio Oktober 2013 saya mulai nge-blog.

Nah semangat  nge-blog makin menjadi karena ternyata dari blog bukan hanya sebagai media curhat. Blog juga bisa menambah pertemanan dan networking melalui komunitas-komunitas blog yang ada. Dan dari blog pun bisa menambah pundi-pundi rejeki dengan bertebarannya lomba, quiz dan giveaway untuk para blogger. He..he.. walaupun begitu saya dengan berat hati harus mengakui saya bukan blogger sejati.

 To Do List Blogger Sejatinya

To Do List Blogger Sejatinya

OTW Menjadi Blogger Yang Serius

Nah dari To Do List blogger di atas, saya mengakui bahwa tak satu pun dari hal di atas yang saya penuhi selain masuk komunitas blogger. Itu pun tidak terlalu aktif. Namun saya sudah mencanangkan tahun 2016 nanti saya berupaya menjadi blogger yang serius.

Nah apa yang mendasari saya ingin menjadi blogger yang lebih serius? Ada dua hal.

1. Book your blog.

Nah, banyak kan di antara blogger-blogger yang sudah bisa menerbitkan buku sendiri. Terlepas apakah diterbitkan di penerbit mayor ataupun indie. Bagi saya itu sudah pencapaian maksimal. Saat ini ada beberapa tema yang akan saya angkat sebagai cikal bakal buku solo saya nanti. Salah satunya mungkin lika liku saya sebagai pasien kanker payudara, mungkin lho ya. Nah posting di blog amat sangat membantu untuk mengekseskusinya.

2. Have you ever know Region Tourism Blogger?

Untitled Infographic(1)

Di awal tahun ini, tulisan saya dimuat di Majalah Colour Garuda Rute Timur Tengah.  Itu merupakan tulisan pertama saya yang membahas tentang pariwisata. Sejak saat itu saya berkeinginan menjadi blogger yang khusus membahas tentang pariwisata daerah saya sendiri yakni Sumatera Barat. Kalau travel blogger sudah banyak kan?

Tulisan Yang Menginspirasi Saya

Tulisan Yang Menginspirasi Saya

Tidak ada yang meragukan keindahan alam, kekayaan budaya dan kuliner Sumatera Barat. Gunung berapi, perbukitan, danau, ngarai/lembah, sawah indah menghijau, merupakan panorama yang terbentang di alamnya. Namun masih sedikit yang mengetahui jika di Sumatera Barat juga terdapat pantai-pantai indah menawan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara hingga Juli 2015 adalah 26.195 orang.  Menurun 19 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Hal ini menjadi bertolak belakang dengan kondisi pariwisata Indonesia secara keseluruhan. Saat ini praktis hanya Tour de Singkarak yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2009, yang memadukan olahraga dan pariwisata, sebagai event promosi pariwisata terbaik bagi Sumatera Barat baik untuk kancah nasional dan internasional.

Padahal event tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Saya pikir menjadi seorang blogger khusus yang mengangkat pariwisata daerah, merupakan hal praktis yang  bisa dilakukan dalam meningkatkan kunjungan pariwisata ke daerahnya. Sebagai daerah yang kaya akan keindahan alam dan budaya, namun kurang promosi wisata, dapat dimaksimalkan melalui penulisan di blog.

Penampakan www.westsumatera-inside.com

Penampakan www.westsumatera-inside.com

Maka bulan lalu resmilah www.westsumatera-inside.com wara wiri di dunia maya. Tujuan saya tidak muluk-muluk. Melalui website tersebut informasi dan promosi pariwisata Sumatera Barat bisa lebih menasional. Sehingga dengan jalan tersebut jumlah kunjungan pariwisata makin meningkat, yang tentunya memiliki multiply effect untuk perekonomian masyarakat.

Untuk mendukung performa sebagai blogger yang terbiasa bekerja di laptop, saya mulai saat ini berusaha memaksimalkan fungsi smartphone. Jadilah foto-foto pendukung di atas saya buat dengan aplikasi Phonto dan Snapsheet. Ini juga sebenarnya terinspirasi dari postingan blog Emak Gaoel.

So, menjadi Region Tourism Blogger? Go For It. Give your commitment and your time.

 

 

 

 

Tulisan Ini Diikutsertakan Dalam Blog Competition, Go For It With Emak Gaoel

go for it 1

 

Comments (2)

hadiApril 14th, 2016 at 6:50 am

saya udah ngertiyang 4 point pertama tapi untuk point terakhir gimana yang kartu nama blog

BambangAgustus 2nd, 2016 at 10:20 am

Semoga cita2nya menjadi seorang blogger yang serius tercapai ya mba, dan yang tersulit adalah untuk bisa konsisten menulis.

Leave a comment

Your comment