Media grafis perpustakaan

Media grafis/ bahan grafika termasuk media visual. Media grafis adalah menyajikan idea tau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna oleh sivitas akademika. Bahan visual yang tidak diproyeksikan dapat dimanfaatkan sebagai medium untuk mengkomunikasikan informasi. Medium ini merupakan medium yang relatif murah jika dibandingkan dengan bahan visual yang diproyeksikan seperti transparansi, slide, dan film. Tujuannya untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan informasi, medium ini mudah diperoleh.

Ada dua tipe bahan grafika yaitu bahan pustaka yang dapat dilihat langsung (misalnya lukisan, bagan, foto, gambar, teknik dan sebagainya) dan yang harus dilihat dengan bantuan alat (misalnya slide, transparansi, dan filmstrip).

  • Bahan Kartografi Yang termasuk kedalam jenis ini adalah peta, atlas, bola dunia, foto udara, dan sebagainya.
  • Bentuk mikro adalah suatu istilah yang digunakan untuk menunjukkan semua bahan pustaka yang menggunakan media film dan tidak dapat dibaca dengan mata biasa melainkan harus memakai alat yang dinamakan microreader. Bahan pustaka ini digolongkan tersendiri, tidak dimasukkan bahan noncetak.

Bahan-bahan visual ini merupakan media dua dimensi yang memerlukan proses pembesaran untuk digunakan terhadap sekelompok pemirsa. Banyak cara dan teknik yang dapat dipergunakan untuk membesarkan bahan-bahan visual, misalnya dengan menggunakan mesin foto copy dan reproduksi. Media grafis penting di perpustakaan karena untuk memperjelas aktifitas kegiatan dalam perpustakaan seperti statistic pengunjung, statistik peminjaman, hiasan gambar untuk memperindah ruangan. Selain sederhana dan mudah pembuatannya media grafis termasuk media relatif murah ditinjau dari segi biayanya.  Fungsinya adalah Menggambarkan data kuantitatif secara teliti, membantu mengembangkan dan meningkatkan penguasaan anak dalam pembelajaran, Menerangkan perkembangan atau perbandingan suatu obyek atau peristiwa saling berhubungan secara singkat dan jelas.

Contoh media grafis di perpustakaan yakni diagram, grafik, poster, kartun, gambar,komik, bagan, papan flannel, bulletin board.

  1. Diagram

media diagram dalam proses pembelajaran akan sangat membantu bagi guru maupun siswa dalam menyimak materi pelajaran, karena pada dasarnya diagram merupakan ringkasan visual yang padat mengenai fakta-fakta dan gagasan yang akan diuraikan.

  1. Grafik

grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik

  1. Poster

Media ini pada umumnya digunakan untuk mengenalkan suatu produk dari suatu perusahaan atau digunakan sebagai sarana promosi.

  1. Kartun

kartun mempunyai manfaat dalam proses belajar mengajar terutama dalam penjelasan rangkaian bahan satu urutan logis atau mendukung makna

  1. Foto/gambar

Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik.

  1. Komik

suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu berita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan di rancang untuk memberikan hiburan pada pembaca.

  1. Bagan

Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi

  1. Papan flannel
  2. Bulletin board

 

Adapun keunggulan penggunaan media grafis dalam proses pembelajaran, sebagai berikut:

  1. Biaya atau harganya relatif murah.
  2. Mudah diperoleh dan digunakan.
  3. Lebih realistik.
  4. Memperbesar perhatian siswa.
  5. Memperjelas penyajian pesan dan informasi.
  6. Membantu mengatasi keterbatasan pengamatan.
  7. Mengatasi keterbatasan indra ruang dan waktu (benda yang terlalu besar atau kecil, peristiwa alam, dan kejadian langka).

Adapun kelemahan  penggunaan media grafis dalam proses pembelajaran, sebagai berikut:

  1. Semata mata hanya medium visual.
  2. Ukuran gambar seringkali kurang tepat untuk pembelajaran kelompok besar.
  3. Memerlukan ketersediaan sumber, keterampilan dan kejelian guru untuk memanfaatkannya.

 

Kelemahan dan kelebihan media grafis

  1. Kelemahan
    Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
  2. Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.

 

Kelebihan

  1. Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
  2. Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
  3. Pembuatannya mudah dan harganya murah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>