Penelusuran informasi di perpustakaan

Peranan literature adalah membantu pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan, membantu memilih desain atau metodologi penelitian, membantu memperkuat informasi dari suatu analisis.

Penelusuran literature terdiri dari 3 yaitu:

  1. Secara manual dengan menggunakasn publikasi tercetak, bibliografi, abstrak, indeks, catalog
  2. Secara langsung menggunakan pangkalan data secara online
  3. Menggunakan CD ROM dan pangkalan data yang dibangun sendiri

Seiring dengan berkembangnya teknologi tidak terlepas dengan adanya informasi yang banyak sehingga perlu skill dalam penelusuran informasi agar tidak berlarut-larut dalam informasi yang sebenarnya kita menginginkan informasi tersebut, tetapi yang keluar banyak dan bingung mau milih yang mana. Untuk itu perlu skill khusus dalam pencarian informasi yang dinamakan literasi informasi. Gunanya adalah untuk mengefektifkan pencarian di internet agar menemukan informasi secara tepat tanpa berlarut-larut menyelam ke dunia informasi yang sekian ribu banyaknya. Agar informasi yang dicari tidak sia-sia artinya membuang waktu dalam pencarian. Fasilitas pencarian informasi yang bisa melalui OPAC, search engine, database online, dan fasilitas lainnya yang intinya pada kata kunci (keyword). Disini saya memberika contoh pada mesin pencari internet. Sebelum menggunakan mesin pencari, pelajari terlebih dahulu apa mesin pencari yang digunakan seperti yahoo, big, google, dll  selanjutnya tentukan kata kunci yang mewakili topic yang diinginkan, gunakan operator Boolean (or, not, and), gunakan tanda kutip untuk frase yang utuh, memanfaatkan fasilitas advanced search pencarian khusus. Setelah mendapatkan hasil penelusuran maka bisa disimpan hasil penelusuran seperti di end note, papyrus, write note dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>