UJI CHISQUARE (GENETIKA PART2)

Soal : Seorang ahli genetika menyilangkan Drosophila : BbVv x bbvv, dimana B (normal, tubuh abu-abu), dominan terhadap b (tubuh hitam) dan V (sayap normal) dominan terhadap v (sayap vestigeal, sayap kecil). Ia mengharapkan untuk memperoleh empat fenotip dengan rasio 1:1:1:1, tetapi dia mengamati munculnya fenotip berikut: Normal (965), hitam dan vestigeal (944), abu-abu dan vestigeal (206), hitam dan sayap normal(185). Untuk mengkonfirmasi apakah terjadi crossing over atau tidak, maka sang ahli tersebut melakukan analisis datanya dengan Chi-square test (X2).  Ia mendapati bahwa nilai X2 hitung dari datanya adalah sebesar 1002,6.  Dengan demikian, berapa nilai selisih antara X2 hitungnya tersebut dengan X2 tabel? Lalu apakah hipotesa awalnya bahwa tidak terjadi pindah silang dapat diterima? (Gunakan bantuan tabel X2)

chisquare 0

PENYELESAIAN :

1.Kunci sederhana dari uji chi-square  atau X2  adalah membandingkan antara nilai  X2  hitung dengan nilai X2  tabel. 

2.Jika nilai X2 hitung lebih kecil daripada X2 tabel, maka hipotesa awal (H0) diterima, begitu sebaliknya.

3.Informasi terpenting dari soal adalah nilai X2 hitung dari datanya adalah sebesar 1002,6. Sehingga kita kita tinggal mencari nilai X2 tabel dengan menggunakan bantuan tabel chi-square.  KUNCINYA ADALAH KEMAMPUAN MEMBACA TABEL CHI-SQUARE.

Dalam soal olimpiade, tabel chi-square yang ditampilkan adalah dalam format tidak biasa (rumit) seperti pada soal ini!

Berikut petunjuk pembacaannya dalam rangka menentukan nilai X2 tabel:

a. Tentukan derajat bebas (degree of freedom/df) dari data yang sebenarnya menyatakan jumlah macam kejadian yang akan terjadi ketika satu dari total kejadian tersebut telah terjadi. Sederhananya adalah jumlah macam data yang muncul dikurang 1 (n – 1). Dari soal diketahui bahwa ada 4 macam tipe fenotip yang muncul sehingga df dari data ini adalah 4-1 = 3. (MAKA df = 3).

b. Selanjutnya, pastikan bahwa selang kepercayaan (% probability) yang kita gunakan adalah 5% (0.05) yang artinya tingkat kepercayaan data kita adalah sebesar 95%, dengan 5% keraguan (ini adalah  aturan umum dalam statistika, sehingga selalu gunakan standar 5% atau 0.05).

c. Gunakan nilai df dan selang kepercayaan untuk menentukan nilai X2 tabel untuk data kita. Dalam soal ini, df = 3, dan selang kepercayaan 0.05.

PERHATIKAN PANA KUNING DAN NOMOR (1,2,3) UNTUK MENGETAHUI POSISI/lambang df (1) , selang kepercayaan (2) , dan nilai chi-square (3) ! 

chisquare 1

Dengan mencermati tabel tersebut, maka dapat diketahui koordinat nilai chi-square tabel untuk data pada soal  (perhatikan garis dan panah  kuning):

chisquare2

 

Dari koordinat tersebut, kita dapat membaca bahwa nilai chi-square dari data tersebut adalah mendekati angka 8 (perhatikan lambang segitiga kuning). Angka itu kisarannya adalah 7.8 atau 7.9. Yang artinya bahwa nilai X2 tabel dari data adalah 7.8 atau 7.9.

Selanjutnya kita tinggal membandingkan nilai X2 hitung dari soal dengan X2 tabel yang sudah kita temukan dari tabel X2 (tabel chi-square) :

X2 hitung berdasarkan informasi soal sebesar  nilai X2 hitung dari datanya adalah sebesar 1002,6

X2 hitung dari hasil analisis tabel adalah sebesar 7.8.

Sehingga diketahui bahwa X2 hitung > X2 tabel, yang artinya hipotesis awal (HO) yang menyatakan bahwa tidak terjadi pindah silang adalah tidak benar (ditolak), dan hipotesa alternatif (H1) yang berlaku bahwa telah terjadi pindah silang.

Dalam soal ditanya selisih X2 hitung dengan X2 tabel, maka kurangkan 1002,6 dengan 7.8 = 994.8

Dalam soal-soal non olimpiade, biasanya tabel X2 yang digunakan adalah sebagai berikut (perhatikan tanda panah kuning, garis kuning, dan angka-angka dalam kolom merah untuk membacanya)!!

chisquare3

 

SELAMAT BELAJAR…

by : putrasantoso26@gmail.com

 

Comments are closed.