Ikhwan Arief

Industrial Engineering Department – Faculty of Engineering – Universitas Andalas

Harrdisk Server Weblog Terbatas? No Problem!

without comments

Sudah lazim kalau sebuah artikel pada weblog memiliki ilustrasi gambar, foto ataupun audio video. Rasanya kurang mengena kalau artikel tidak diiringi dengan ilustrasinya. Namun apa daya kalau weblog yang dimiliki tidak menyediakan ruang harddisk besar untuk penyimpanan medium multimedia digital? Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengakali ruang harddisk server yang kecil.

Internet menyediakan beragam layanan tanpa bayar alias gratis untuk menyimpan dan mempublikasikan dokumen multimedia. Antara lain Youtube untuk menyimpan dan berbagi dokumen-dokumen audio video. Flickr merupakan salah satu layanan yang pada awalnya fokus untuk foto dan gambar, namun seiring berkembangnya teknologi kamera dan dokumen digital, Flickr juga menyediakan fasilitas penyimpanan audio video. Masih banyak layanan sejenis yang tersedia di Internet.

Penulis memfokuskan pada penyimpanan dan berbagi ilustrasi gambar dan foto memakai layanan Flickr. Untuk bisa menyimpan dan berbagi dokumen di Flickr, tentunya harus memiliki akun pada Flickr. Akun gratis ini mengizinkan pendaftar untuk menyimpan maksimal 200 foto. Rasanya untuk keperluan weblog, jumlah ini sudah mencukupi sampai puluhan artikel. Lagipula, kalau memang kekurangan, bisa saja dengan menaikkan status dari gratis menjadi berlangganan, atau dengan membuat akun baru.

Setelah memiliki akun Flickr, hidupkan fasilitas sharing/berbagi pada akun dan diarahkan ke layanan weblog yang harddisknya terbatas tadi. Kemudian upload lah gambar atau foto untuk ilustrasi artikel tersebut. Langkah selanjutnya ada dua pilihan. Pilihan pertama adalah mengetik artikel langsung dari Flickr setelah upload dan memilih tombol sharing dengan logo WordPress. Pilihan kedua adalah dengan ‘menempelkan’ link ke foto tersebut di dalam artikel. Penulis memakai cara pertama untuk photo blog pada alamat theikhvan.wordpress.com. Semua foto disimpan ke Flickr dan di-share dari Flickr ke WordPress.

Selamat mencoba dan kirimkan komentar bila ingin berdiskusi tentang topik ini. :-)

Written by ikhwanarief

March 22nd, 2013 at 5:58 pm