Sukar dibayangkan apabila manusia tidak mengenal canda dalam hidupnya. Sebagai pelengkap interaksi sosial antar sesama kehadiran canda cukup penting. Canda itu merupakan instrumen pengerat tali persahabatan, penghilang kejenuhan, penghibur hati yang lara, dan penyemangar jiwa yang lesu. Karenanya, Islam juga menaruh perhatian terhadap permasalahan canda. Agama Islam mengatur bagaimana agar canda yang seharusnya manis tidak menjadi malapetaka bagi pelakunya, baik di dunia atau di akhirat. Canda yang dilakukan secara keliru bisa saja menjerumuskan seseorang kepada keliru bisa saja menjerumuskan seseorang kepada kekufuran. Oleh sebab itu, setiap muslim perlu mengetahui tuntutan syari’at dalam bercanda agar candanya dalam keseharian tidak keluar dari rambu-rambu yang dibenarkan, bahkan menjadi ibadah yang akan memberatkan timbangan amal diakhirat kelak.

Menirut Ibnu Hibban, canda ada dua macam : canda yang terpuji dan canda yang tercela.Canda yang terpuji yaitu canda yang tidak dikotori hal-hanl yang dibenci Allah, tidak mengarah kepada dosa, dan tidak menyebabkan terputusnya silaturahim. Sementara canda yang tercela yaitu canda yang dapat mengakibatkan permusuhan, menghilangkan kewibawaan, memutuskan persahabatan, serta membuat orang biasa bersikap lancang dan dengki kepada orang yang mulia. Namun tentu canda dan lelucon itu tidak dibebaskan begitu saja. Terdapat batasan dan ketentuan yang tidak boleh dilanģgar sehingga tidak menyalahi aturan dan ajaran agama. Diantara batasan itu adalah tidak mengolok-olok dan melecehkan agama dan syiar dan ajaranNya. Dari Abu Hurairah, dia berkata. “Para sahabat berkata kepada Rasullah SAW, “Ya Rasulullah, Engkau juga bercada dengan kami.” Maka Nabi bersabda,”. Sesungguhnya aku tidak mengatakan kecuali yang benar”. (HR. Termizi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation