Proyek Peta Keanekaragaman Hayati Unand

Selama ini Unand belumlah memiliki peta tentang keanekaragaman hayati yang ada di kampusnya. Oleh karena itu dengan “memanfaatkan” mahasiswa di mata kuliah pilihan Sistem Informasi Geografis di jurusan Biologi, saya menugaskan mereka dengan sebuah proyek pemetaan keanekaragaman hayati di kampus Unand. Proyek ini memiliki luaran berupa dokumen peta.

Alhamdulillah…, kuliah SIG ini telah berakhir, dan mahasiswa telah menghasilkan sebuah dokumen yang berisi peta keanekaragaman hayati di kampus Unand.

cover peta KH Unand

Beberapa komentar tentang hasil tugas mereka:

  • Secara konten peta masih sedikit sekali. Hanya beberapa spesies untuk masing-masing kelas, dan hanya beberapa titik lokasi saja. Namun usaha mereka sangat patut diapresiasi, karena mereka melakukan survei langsung ke lapangan untuk mendapatkan titik lokasi dengan GPS, hal ini juga sekalian melatih mereka dalam menggunakan GPS atau alat penentu lokasi lainnya
  • Tampilan layout peta sudah cukup bagus, peta sudah dibuat dengan komponen yang lengkap
  • Tampilan layout dokumennya sangat memukau. Hal ini diluar ekspektasi saya. Mereka sangat bagus sekali mendesain dokumen. Apalagi mereka menambahkan dengan deskripsi masing-masing spesies yang mereka petakan.
  • Masih ada foto yang tidak dicantumkan copyright atau sumber foto tersebut. Hal ini perlu menjadi perhatian untuk ke depannya.

Rencana ke depannya kami akan tetap melanjutkan proyek ini di tahun depan. Mahasiswa SIG berikutnya akan melanjutkan proyek ini, sehingga peta yang dihasilkan akan semakin lengkap. Silahkan komentar dan saran dari rekan-rekan semuanya.

Dokumen peta hasil tugas mereka dapat diunduh pada tautan ini [PDF 7.5MB].

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>