Proyek (ide) riset 2018, InsyaAllah

1. Ngubrek Skripsi

Biologi Universitas Andalas sudah ada sejak 55 tahun yang silam. Sudah sangat banyak penelitian yang dilakukan. Dengan umur prodi yang sudah lama tersebut, maka diperkirakan telah banyak dan luas cakupan jenis dan lokasi sebaran makhluk hidup dari penelitian-penelitian mahasiswa. Sebagian besar dari penelitian tersebut hanya tersimpan dalam skripsi-skripsi mereka. Oleh karena itu, saya berencana mau mengumpulkan basis data skripsi mahasiswa biologi. Cara kerjanya cukup sederhana, dengan menggaji beberapa orang atau mahasiswa kerja paruh waktu memindai cover dan abstrak dari skripsi yang tersimpan di pustaka jurusan dan laboratorium. Selain itu, akan dibuat juga sebuah isian daring sehingga seluruh alumni jurusan biologi bisa mengisi data tentang penelitiannya dulu secara sukarela.

Dari kerja ini, setidaknya bisa menghasilkan 2 topik besar. Pertama, tentang sebaran spatio-temporal dari taksa yang telah diteliti. Kedua, topik Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB). HPPB adalah salah satu tempat paling favorit yang diteliti oleh mahasiswa sampai ke peneliti luar negeri pun. Saya menargetkan terbitnya sebuah buku kumpulan abstrak penelitian skripsi di HPPB.

 

2. Jadi aktifis medsos

Zaman “now”, istilah sekarangnya, zaman ketika media sosial menjamur. Dengan media sosial ini, peneliti bisa mengumpulkan data. Hasil diskusi dengan beberapa teman, medsos Instagram sangat potensial dalam penelitian keanekaragaman hayati. Instagram adalah tempat khalayak ramai berbagi foto dan video pendek. Dengan fitur geotagging yang melekat pada foto dan video tersebut, kita bisa mengekstrak lokasi foto. Sehingga kita bisa mengetahui lokasi serta bisa memvalidasinya melalui foto dan video tersebut. Dengan metoda ini saya punya mimpi besar, yaitu terciptanya sebuah pusat data dan pusat penelitian keanekaragaman hayati berbasis sains khalayak (citizen science) untuk seluruh taksa. Mimpi ini seharusnya diwujudkan oleh level yang lebih besar seperti Universitas atau tingkat kementerian.

Untuk mimpi yang lebih rendah levelnya, saya akan fokus ke dua sub topik, yaitu tentang berang-berang dan kecelakaan hewan di jalan raya (road-killed animal). Caranya, dengan membuat akun di instagram, lalu mempromosikannya ke berbagai grup dan komunitas. Setelah itu undang khalayak ramai berpartisipasi dengan membagikan foto dan video yang sudah diberikan tanda (hash tag) tertentu. Dengan bantuan API yang sudah disediakan untuk publik oleh Instagram, kita bisa mengumpulkan semuanya. Detail teknisnya saya tidak begitu paham, butuh kerjasama dengan pakar IT.

 

3. Unand’s Biodiversity Map

Saya teringat sewaktu kuliah S1 dulu, kami sudah paham betul dimana lokasi-lokasi di kampus untuk mendapatkan bahan praktikum. Untuk planaria, kami mencarinya di selokan pinggir koridor menuju lapangan basket MIPA. Untuk hydrilla, kami mencarinya di selokan gedung D. Untuk labi-labi, kami mencarinya di selokan dekat mushalla dan kafe Farmasi. Untuk katak, kami bisa mendapatkan di kolam limbah Farmasi. Untuk dapat makan buah jambu, kami biasanya selalu memonitor beberapa pohon jambu di Fakultas Peternakan ketika pulang shalat Jum’at dari masjid Nurul ‘Ilmi. He he…

Kampus Unand itu kaya dengan keanekaragaman hayati. Namun, ketika itu ditanyakan ke mahasiswa, dosen, karyawan, sampai ke rektor pun, apakah ada petanya? Jawabannya bisa dipastikan. Tidak ada! Kalau untuk jenis-jenis yang saya sebutkan sebelumnya di atas telah ada petanya di kepala saya. Jika peta-peta yang tersimpan di kepala ribuan civitas akademika Unand dikumpulkan, akan luar biasa hasilnya. Cara kerja; buat sebuah platform, mungkin menggunakan Open Street Map. Lalu setiap civitas akademika Unand bisa menandai dimana saja mereka menemukan keanekaragaman hayati.

 

Catatan penting:

Proyek-proyek di atas, tidak harus saya juga yang mengerjakannya. Jika ada yang terinspirasi dan berinisiatif mengerjakan, saya akan sangat senang sekali. Tak perlu minta izin, dan tak harus pula melibatkan saya. Hanya satu saja pinta diriku: “open”kan datanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>