Ide untuk pengelolaan banjir di kota Padang

Kota Padang adalah salah satu kota yang memiliki curah hujan yang sangat tinggi, sehingga rawan banjir. Berbeda dengan kota Jakarta, kota ini banjir diakibatkan oleh hujan yang turun pada daerahnya sendiri, bukan banjir kiriman. Hujan lebat berjam-jam itu adalah hal yang lumrah terjadi, karena awan yang ditangkap oleh Bukit Barisan. Banjir kota Padang sepertinya tidak bisa diprediksi bulanan, karena hampir tidak dipengaruh musim. Banjir di kota Padang ini terjadi ketika ada sekumpulan awan besar yang terperangkap, lalu tumpah semuanya seakan memang ditugaskan turun di daerah ini saja. Fenomena ini bisa terjadi kapan saja, tak mengenal musim. Saya rasa, air hujan itu pun berasal dari penguapan laut di depan kota Padang ini, mungkin tak jauh-jauh asalnya. Mohon koreksinya. Itu hanya berdasarkan perkiraan saya saja.

 

Lalu, apa yang harus dilakukan?

 

1. Di bagian hulu perlu dijaga hutannya. Tanah longsor dan banjir bandang (galodo) akan mudah sekali terjadi jika hutan tak terjaga

2. Perlunya dibuat Banda Bakali 2. Kalau tidak salah, Banda Bakali yang ada sekarang itu buatan zaman Belanda.

3. Gerakan masal sumur biopori di semua pemukiman.

4. Buat standar sendiri untuk setiap saluran air yang akan dibuat atau yang sudah ada. Sepertinya Standar Nasional Indonesia (SNI) tak cukup untuk kota Padang, perlu SNP (Standar Nagari Padang). Buat peraturan perdanya, setiap proyek pembangunan (misal pemukiman, gedung dan jalan) harus mengikuti SNP itu, terutama untuk bagian saluran airnya. Misalnya, kalau SNI bilang saluran air lebarnya 2 meter, kita buat di SNP itu 4 meter.

5. Bagi perumahan yang sudah ada, lakukan perbesaran saluran airnya.

6. Tampung air hujan, bisa skala rumahan atau skala kota. Detail idenya klik di sini.

7. Buat manajemen informasi siaga bencana. Saya mengusulkan kerja sama dengan provider telekomunikasi seluler. Kalau ada pesan peringatan dari BMKG dan BPBD, tinggal disebarkan oleh provider itu melalui sms. Setiap telepon seluler yang berada pada kawasan BTS (tower) daerah terdampak, akan mendapatkan sms peringatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>